Jika Anda merupakan salah satu orang yang bekerja dengan bidang yang dekat dengan dokumen dan juga komputer, maka Anda pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah entri data. Namun, bagi orang awam pengertian dari entri data ini tentu saja masih asing bagi mereka. Untuk itulah bagi Anda yang belum mengetahui mengenai entri data, berikut merupakan ulasan lengkapnya mengenai proses entri data hk pools yang bisa Anda simak.

Mengenal Proses Entri Data

Proses entri data merupakan suatu istilah yang digunakan untuk merujuk suatu proses memindahkan bentuk data dari bentuk data fisik menjadi sebuah data digital yang nantinya data digital ini akan dapat diolah oleh software. Data yang berbentuk fisik akan diketik dan kemudian dimasukkan ke dalam komputer melalui olah dokumen.

Proses entri data sendiri juga dapat dikenal dengan proses input data atau proses memasukkan data. Entri data paling dasar dapat dilakukan ketika seseorang memindahkan suatu informasi yang terdapat dalam bentuk fisik kemudian diketik di aplikasi paling dasar seperti notepad yang ada di dalam komputer. Walaupun sederhana, akan tetapi proses ini sudah disebut sebagai proses entri data.

Menginjak tahun 1998 keatas, proses entri data mulai merujuk kepada proses memasukkan data fisik yang ada dalam dokumen ke dalam program atau software pengolahan data yaitu, microsoft office. Seperti yang Kita ketahui produk dari Microsoft yang Kita ketahui juga sangat beragam, mulai dari power point, microsoft excel, dan sebagainya.

Entah apapun bentuk dari microsoft yang digunakan, ketika Anda merubah atau memasukkan bentuk data fisik menjadi digital kedalam komputer, maka kegiatan Anda tersebut sudah dapat disebut sebagai proses entri data. Semakin berkembangnya era komputer maka istilah entri data pun turut mengalami perkembangan.

Di era saat ini, proses entri data lebih condong menjadi sebuah proses untuk memasukkan informasi atau data yang mana data tersebut harus dapat diolah menjadi sebuah informasi. Yang mana, istilah entri data pada era sekarang ini tidak terbatas hanya pada bagaimana memasukkan atau memindahkan data menjadi data digital saja. Akan tetapi, juga sudah terdapat istilah QC atau quality control untuk menilai isi dari data yang diinput tersebut.

Istilah quality control sendiri dalam suatu entri data, membuat seorang user atau orang yang memasukkan atau menginput data tidak bisa sembarangan untuk memproses data tersebut. Dimana, ia sebagai seorang user juga harus menilai dan menseleksi apakah suatu data layak atau tidak untuk diinput menjadi sebuah data digital yang bisa diolah di software komputer.

Lalu bagaimana seorang user dapat memutuskan apakah suatu data yang diinput layak atau tidak? Maka, hal itu akan menggunakan penilaian relevan atau tidak relevan. Misalnya, Anda merupakan seorang user yang akan menginput data mengenai tingkat ketertarikan pembeli terhadap suatu produk untuk kebutuhan evaluasi penjualan, akan tetapi data yang diberikan tidak menyangkut tingkat ketertarikan pembeli, maka data yang akan diinput dapat dikatakan sebagai data yang tidak layak.

Lantas bagaimana cara seorang user bisa mempelajari entri data? Berikut merupakan beberapa cara dalam mempelajari proses entri data.

Cara Mempelajari Entri Data

Setelah mengetahui mengenai istilah data pasti muncul pertanyaan bagaimana cara untuk mempelajari sebuah proses entri data. Untuk mempelajari entri data, ada beberapa hal yang harus Anda lakukan. Berikut merupakan caranya:

  • Menguasai Bahasa Inggris dan Matematika

Ketika terlibat dalam proses entri data, maka Anda juga akan terlibat dengan software ataupun dokumen yang berbahasa Inggris dan juga mengandung rumus Matematika. Oleh karena itu, jika ingin menguasai teknik pengolahan entri data, Anda juga harus menguasai dua hal berikut.

  • Kuasai Kemampan dalam Mengoperasikan PC

Dalam proses entri data, sebuah PC ataupun laptop memegang peranan yang penting sebagai media untuk mengola data yang telah Anda input. Maka dari itulah menguasai ketrampilan dalam menggunakan PC atau laptop juga akan penting untuk Anda kuasai.

  • Mengikuti Kursus Mengetik

Anda bisa mengikuti kursus mengetik untuk meningkatkan kemampuan Anda dalam proses menginput atau memindahkan data dengan cepat. Ketika ketrampilan mengetik Anda sudah lancar, maka proses untuk menginput data dari dokumen fisik menjadi dokumen digital pun akan menjadi lebih cepat.

  • Mengikuti Pelatihan Entri Data

Ada beberapa lembaga kursus yang menyediakan kursus atau pelatihan untuk mengajari bagaimana menginput atau mengentri data dengan baik, cepat, dan benar. Jika Anda memang masih sangat pemula dalam bidang entri data akan tetapi sangat ingin menguasai ketrampilan entri data ini, tidak ada salahnya untuk mengikuti kursus atau pelatihan entri data untuk membantu Anda. Nah, itulah ulasan informasi lengkap mengenai proses entri data. Bagaimana, apakah Anda termasuk orang yang sudah paham dan bisa melakukan entri data secara mandiri?